Berkenalan Dengan Penelitian yuk! :D

Posted: Juli 25, 2010 in kenalan Karya Ilmiah

Waktu perkenalan KIR, aku dengar kegiatan KIR ada tentang penelitian. Ngomong-ngomong, apa sih penelitian itu? Istilah lain dari penelitian adalah riset. Riset diambil dari kata research yang berasal dari kata re (kembali) dan search (mencari), sehingga secara etimolog…is istilah penelitian diartikan sebagai ”mencari kembali”, yaitu mencari bukti-bukti baru yang dikembangkan menjadi teori untuk memperdalam dan memperluas ilmu tertentu. Secara teoretis, terdapat beberapa pengertian tentang konsep penelitian sebagai berikut. a. Donald Ary (1982) Mengemukakan bahwa kegiatan penelitian adalah implementasi pendekatan ilmiah dalam mengkaji suatu masalah untuk menemukan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Dalam pengertian ini, Donald Ary memiliki prinsip bahwa penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang memerlukan prosedur ilmiah untuk melakukannya, sehingga hasil yang diperoleh berupa produk cara kerja ilmiah sesuai dengan prinsip-prinsip metodologis. Setelah melalui prosedur metodologis keilmuan, maka kegiatan tersebut dinamakan penelitian. b. Parson (1946) Penelitian merupakan penelusuran atau inquiry atas sesuatu yang dilakukan secara sistematis dalam rangka memecahkan masalah-masalah. Dalam hal ini, Parson menekankan bahwa masalah-masalah tersebut diyakini dapat dipecahkan melalui proses pencarian tersebut. c. Victoria (1983) Penelitian merupakan suatu kegiatan penyelidikan yang kritis dan penuh kehati-hatian dalam menemukan fakta-fakta atau prinsip-prinsip. Dalam konsep ini, penelitian diartikan sebagai cara kerja yang cermat untuk Menemukan sesuatu, melalui kegiatan penyelidikan yang terstruktur. d. Woody (1972) Penelitian adalah suatu metode dalam rangka mendapatkan sebuah pemikiran kritis. Kegiatan penelitian terdiri dari pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, memformulasikan hipotesis, dan menarik kesimpulan. Penelitian ditujukan untuk menguji hipotesis, sehingga dapat mengambil kesimpulan apakah hipotesis yang diajukan tersebut diterima atau ditolak. e. Sutrisno Hadi (1987) Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi kekurangan, mengembangkan, dan menggali hal-hal yang telah ada, serta mengujinya kembali. So, penelitian adalah ……….. ???? (definisikan sendiri, hehehe ^^) Oo, gitu to… Lha kalo’ penelitian kualitatif dan kuantitatif, bedanya apaan? Penelitian kualitatif = penelitian yang mengutamakan pada deskripsi proses dan makna.. sehingga hasil dari penelitian ini adalah uraian, cerita, kronologi, dan sebagainya. Jadi bukan angka-angka… Kalo’ penelitian kuantitatif, itu kebalikannya. Pada penelitian kuantitatif, yang diutamakan adalah jumlah atau nilai tertentu.. sehingga hasil dari penelitian kuantitatif adalah grafik, nilai rata-rata, dan sebagainya… pokoknya pakai angka-angka/statistik. gagpapa, ntar aku cari sendiri… aku jadi pengin meneliti sesuatu nih … 🙂 yo ayo…. gabung ma KIR D’Expert … kutunggu kehadiranmu … eh, ngomong-ngomong manfaatnya penelitian apaan sih? Banyak banget tuh manfaatnya! Kalo’ penelitian sosial, Menurut Siti Partini sebagaimana dikutip Arif Rohman: 2002) secara umum memiliki beberapa kegunaan sebagai berikut. a. Penjajakan (eksploratif), yaitu berguna untuk mencari cara-cara kemungkinan terbaik dalam memecahkan problem sosial, sehingga sifatnya masih mencoba dan terbuka. Misalnya, penelitian sosial yang ingin mencari cara-cara terbaik untuk menanggulangi masalah tawuran pelajar. b. Deskriptif, yaitu berguna untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial tertentu. Contoh, penelitian sosial tentang jumlah pengangguran, manusia lanjut usia, dan tingkat pendidikan masyarakat suatu kabupaten. c. Eksplanatori, yaitu berguna untuk menjelaskan sebabsebab yang melatarbelakangi suatu keadaan sosial tertentu. Misalnya, penelitian sosial tentang pengaruh televisi terhadap kepribadian seorang anak. d. Evaluatif, yaitu berguna untuk mengetahui seberapa jauh tercapainya tujuan yang ditetapkan pada awal program. Misalnya, penelitian sosial untuk mengetahui cara kerja sebuah organisasi sosial. e. Prediktif, yaitu penelitian sosial berguna untuk meramalkan kejadian atau fenomena sosial yang akan terjadi. Misalnya, penelitian tentang akibat ke depan dari banjir lumpur panas Sidoarjo. Lha nek penelitian sains, manfaatnya juga banyak. Contohnya aja, misalnya menemukan cara pengobatan yang baru… kan bisa diterapkan untuk menyembuhkan orang sakit.. iya kan?! Kegunaannya pasti lebih banyak lagi … 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s